Skip to main content

Manfaat Minum Air Putih Bagi Si Kecil

Manfaat Minum Air Putih Bagi Si Kecil
Manfaat Minum Air Putih Bagi Si Kecil
infoberitaseputarkesehatan - Minum air sehat dan cukup dapat menghindari anak dari risiko gangguan kesehatan. Maklum saja, air putih merupakan kebutuhan wajib untuk dikonsumsi. Ketua Umum PP HIMPAUDI Prof. Dr. Ir. Hj. Netti Herawati, M.Si mengatakan, bahwa anak-anak yang cukup minum air putih bisa menyehatkan tubuh. Dan baik untuk perkembangan otak dan tubuh.

"Beragam manfaat bisa kita peroleh dari air. Karena air memang  bisa membuat anak kebal pada penyakit serta baik untuk perkembangan otak," ujar  Prof. Dr. Ir. Hj. Netti Herawati, M.Si dalam keterangan resmi yang diterima Sindonews. 

Dalam hal ini, berdasarkan  riset di 13 negara yang dipublikasikan oleh European Journal of Nutrition, kondisi sekarang menunjukkan jika 1 dari 4 anak di Indonesia masih kurang minum, dimana 30% yang dikonsumsi bukanlah air1. 

Padahal Idealnya, anak pra-sekolah (usia 4-6 tahun) membutuhkan 1.2-liter air per hari (setara dengan 5-6 gelas). Sedangkan anak usia 7-9 tahun membutuhkan sekitar 1.5-2 liter air (6-7 gelas setiap hari). Kolaborasi kedua belah pihak ini akan diwujudkan melalui pendidikan untuk minum sehat yang diikuti oleh tenaga pendidik dan peserta didik lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari seluruh Indonesia. 




Manfaat Minum Air Putih Bagi Si Kecil
Manfaat Minum Air Putih Bagi Si Kecil
Metode ajar ini akan diimplementasikan oleh lembaga PAUD dalam mengajarkan kebiasaan minum air pada anak. 

Lembaga pendidikan seperti PAUD memiliki peran penting untuk memberikan arahan dan jejak ingatan positif terhadap kebiasaan minum air sebelum, selama, dan sesudah beraktivitas fisik, sejak dini. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan telah mencanangkan Program Indonesia Sehat dengan pilar Paradigma Sehat. 

Pilar tersebut diimplementasikan dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sejak dini di kalangan masyarakat. 

Sebagai sebuah organisasi profesional dan mandiri yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas PAUD di Indonesia, HIMPAUDI akan mengajak lembaga dan tenaga pendidik PAUD untuk mengikuti pemilihan metode ajar terbaik dalam pendidikan minum sehat. 

Sebanyak kurang lebih 90 lembaga PAUD dengan metode Train the Trainers (TOT) yag dilakukan 786 tenaga pendidik kepada 4.500 peserta didik dari 34 provinsi di Indonesia turut berpartisipasi dalam kompetisi pencarian pola.


Sumber : sindonews

Comments

Popular posts from this blog

Campur Minuman dengan Es Batu-Lemon, Awas! Penyakit Ini Mengintai

Campur Minuman dengan Es Batu-Lemon, Awas! Penyakit Ini Mengintai infoberitaseputarkesehatan  -  Meneguk segelas infused water dengan potongan lemon dan es batu di siang hari yang panas tentu akan sangat menyegarkan. Rasa haus pun reda ditambah sari buah lemon yang begitu segar.  Tapi sayangnya penelitian terkini yang dilakukan ilmuwan Clemson University menemukan, menambahkan potongan lemon dan es batu ke minuman Anda sama saja mengantarkan bakteri masuk ke dalam tubuh.

Tips Menjaga Mata Tetap Sehat

Tips Menjaga Mata Tetap Sehat infoberitaseputarkesehatan  -  Memiliki gangguan kesehatan pada mata menjadi salah satu masalah yang harus diperhatikan dengan serius, seperti katarak, minus, bahkan yang menyebabkan kebutaan. 

Manfaat Daging Merah untuk Perkembangan si Kecil

Manfaat Daging Merah untuk Perkembangan si Kecil infoberitaseputarkesehatan  -  Daging merah merupakan sumber yang dibutuhkan anak, khususnya bayi yang telah berusia lebih dari enam bulan.