Skip to main content

Ini Dia 5 Penyebab Sakit Maag

Ini Dia 5 Penyebab Sakit Maag
Ini Dia 5 Penyebab Sakit Maag
infoberitaseputarkesehatan - Masih banyak diantara kita yang meremehkan penyakit maag, padahal ada banyak ancaman serius dibalik serangannya. Antara lain, aktivitas sehari-hari menjadi terganggu akibat adanya nyeri dan mual. Bila tidak ditangani dengan tepat dapat berakibat fatal. Bahkan, tak sedikit yang berakhir dengan kematian. 

Demikian disampaikan dosen Program Studi (Prodi) Keperawatan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muslim Indonesia (UMI), Najihah.

"Maag paling banyak dialami yang berusia produktif baik remaja maupun usian dewasa. Makanya penyakit ini dikatakan tidak pandang usia," kata Najihah dalam rilis yang diterima Rakyatku.com.

Dosen mata kuliah keperawatan dasar ini mengaku bahaya penyakit maag juga bisa menjadi salah satu gejala kanker lambung. Kata dia, Jika sakit maag yang berulang kali serta tidak sembuh walaupun sudah diobati diharapkan segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Najihah menjelaskan beberapa penyebab maag antara lain: 

1. Pola Makan

Orang yang memiliki pola makan tidak teratur mudah terserang maag. Pada saat perut harus diisi, tapi dibiarkan kosong atau ditunda pengisiannya maka asam lambung akan meningkat dan mengiritasi lapisan mukosa lambung, sehingga timbul rasa nyeri. 




Ini Dia 5 Penyebab Sakit Maag
Ini Dia 5 Penyebab Sakit Maag
2. Jenis Makanan

Makanan tertentu akan merangsang dinding lambung sehingga terjadi radang/luka, seperti makananan pedas atau asam. 

3. Stres Emosi

Produksi asam lambung akan meningkat pada keadaan stres, seperti beban kerja yang berlebihan, cemas, takut, atau terburu-buru. 

4. Penggunaan Obat

Ada obat-obat tertentu yang merangsang dinding lambung, sehingga menimbulkan gangguan keseimbangan dalam lambung. Oleh karena itu obat-obat tertentu, harus dikonsumsi sesudah makan. 

5. Rokok

Zat beracun yang terdapat dalam rokok dan mampu mengikis lapisan lambung dan menyebabkan enzim pencernaan tidak berfungsi dengan baik, sehingga perokok berat mengalami kesulitan dalam mencerna makanan yang dikonsumsinya.

Comments

Popular posts from this blog

Campur Minuman dengan Es Batu-Lemon, Awas! Penyakit Ini Mengintai

Campur Minuman dengan Es Batu-Lemon, Awas! Penyakit Ini Mengintai infoberitaseputarkesehatan  -  Meneguk segelas infused water dengan potongan lemon dan es batu di siang hari yang panas tentu akan sangat menyegarkan. Rasa haus pun reda ditambah sari buah lemon yang begitu segar.  Tapi sayangnya penelitian terkini yang dilakukan ilmuwan Clemson University menemukan, menambahkan potongan lemon dan es batu ke minuman Anda sama saja mengantarkan bakteri masuk ke dalam tubuh.

Tips Menjaga Mata Tetap Sehat

Tips Menjaga Mata Tetap Sehat infoberitaseputarkesehatan  -  Memiliki gangguan kesehatan pada mata menjadi salah satu masalah yang harus diperhatikan dengan serius, seperti katarak, minus, bahkan yang menyebabkan kebutaan. 

Manfaat Daging Merah untuk Perkembangan si Kecil

Manfaat Daging Merah untuk Perkembangan si Kecil infoberitaseputarkesehatan  -  Daging merah merupakan sumber yang dibutuhkan anak, khususnya bayi yang telah berusia lebih dari enam bulan.